umpatan dan pujian Kenarok3000


Medan Kota Semrawut
September 12, 2008, 4:32 pm
Filed under: Uncategorized

ingat game internet dan komputer sim city dari 1 sampai 4?. itu loh, game yang membuat kita jumawah menjadi walikota sebuah kota madya yang membangun kotanya dengan rambu-rambu dan perencanaan yang matang.

jadi begini. pertama sekali anda di hadiahi sebuah lahan sekian ribu hektare. lalu anda juga mendapat sebuah sosok karakter yang mengaku wali dari kota yang akan anda dirikan dan bangun. anda d beri modal sekian triliun rupiah (dalam game dalam bentuk dollar). awalnya anda disarankan membangun jalan dan jembatan beserta trafiic light, rambu-rambu, trotoar dan fasilitas publik lainnya. lalu anda diharuskan membangun perumahan rendahan di suatu titik dalam kawasan. setelah itu membangun pertokoan kecil, kawasan industri, kantor polisi, kantor PDAM, sekolah TK sampai SMA, kantro walikota, dan kantor pemadam kebakaran.

anda juga harus membuat saluran air bawah tanah. membangun TPA sampah. dan bangunan fasilitas publik lainnya. setelah kota ini memiliki penduduk yang mau bekerja di pabrik-pabrik, anda disarankan membangun perumahan kelas menengah. selanjutnya perumahan kelas jetset. tarik pajak rendah di prumahan kelas bawah. dan tarik pajak tinggi bagi perumahan mewah. jika pabrik anda kekurangan tenaga kerja anda disaarankn membuat perumahan lagi. sebelum itu semua anda juga harus membangun pembangkit listrik sendiri yang berbiaya murah. jika nanti sudah maju anda disarankan berinovasi membangun pembangkit listrik tenaga uap atau diesel berkapasitas besar.

jangan anda abaikan gaji polisi, pemadam, pegawai pemerintah dan pembangunan perguruan tinggi di kota anda.

ingat juga dengan pencemaran. intinya anda di haruskan menjaga kelestarian lingkungan. TPA jangan terlalu dekat dengan rumah penduduk dan sumber air. pabrik-pabrik di kawasan industri juga harus di awasi. kawasan itu harus jauh dari pusat kota, namun bukan berarti akses kesana dibuat cuma satu jalur. sebab penduduk tak mau kotanya macet hanya untuk pergi kerja. pabrik tak boleh mencemari udara dan air tanah agar air minum tak tercemar.

setelah itu and dipersilahkan membangun pusat pertokoan besar yang menunjang kehiudpans ehari-hari para pekerja pabrik dan penduduk lainnya. sarana hiburan seperti bioskop, sarana olahraga seperti lapangan bola, golf, bola basekt, arena skaters, gym, dan sarana-saran publik seperti taman dan pedestrian, museum dan tugu juga harus di ikutsertakan untuk dibangun namun harus terus dijaga.

gedung-gedung pencakar langit boleh didirikan dijalur tertentu.asala kan tak mengganggu penerbangan. lapangan terbang harus terletak jauh dari gedung pencakar langit. ingat itu.

kota itu akan terlihat sibuk saat pagi dan sore hari dengan lalulalangan kenderaan pekerja pabrik dan para pekerja kantoran.

anda akan didemo penduduk jika tak membangun sarana publik dan ruang terbuka hijau. lalu banyak gedung terbakar jika anda tak memperhatikan ruang terbuka hijau ini. anda juga akan mendapati banyaknya criminal jika polisinya kurang.

walikota akan sukses danmendapat penghargaan jika dapat memulangkan pinjaman.

lalu bagaimana dengan kota medan?. apakah kota ini dibangun berdasarkan keinginan penduduk mayoritasnya?. saya enggan mengatakn iya!. sebab medan dibangun atas dasar selera pemilik modal dan penguasa. coba anda simak. setiap pagi dan menjelang petang. kota ini macet dis etiap sudutnya. setiap lampu merah pasti terasa sangat sesak dan lambat.

hal ini memusingkan dan menjemukan kita sebagai pengguna jalan. setiap lampu merah di medan macet. apakah anda mengerti dengan hal itu?.

jika ada bangunan besar di tengah kota yang begitu sempit dengan volume kenderaan yang terus meningkat dari hari-kehari apakah anda tak menyadarinya?. saya kok khawatir medan akan menjadi sangat lambat bergerak sebab kotanya sangat sempit jalan-jalannya.

mobilsasi penduduk tinggi disini. akan tetapi pemerintah tak punay solusi untuk itu. angkot murah dijadikan kambing hitam. padahal pemerintahnya yang taktegas. am,bil proyek terus…kapan kita bis amemulai menggunakan sepeda di lajur kiri, atau naik kereta listrik untuk jalur belawan unimed, USU, dan amplas?.

apakah and amerasakan yang saya rasakan?. ayo kita benahid engan membuat forum-forum penataan kota. seminar tentang penataan jalan-jalan dan penertiban kemunculan kenderaan baru di jalanan.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: