umpatan dan pujian Kenarok3000


Mahasiswa Desak Kejatisu Usut Korupsi di Tiga Instansi Pemko
November 20, 2008, 3:02 am
Filed under: Uncategorized

FM2B Desak Kejatisu

Usut dan Tangkap Pelaku Korupsi Di Tiga Instansi Milik Pemko Medan

Puluhan orang yang tergabung dalam organisasi Forum Mahasiswa dan Masyarakat Bersatu (FM2B) Kota Medan, melakukan aksi unjukrasa ke kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Rabu (12/11) Pagi.

Tuntutan puluhan pengunjukrasa ini meminta, agar tim penyidik korupsi Kejatisu melakukan pemeriksaan dan penahanan terhadap oknum-oknum pejabat di tiga instansi di Pemko Medan terkait dalam kasus dugaan korupsi.

Secara bergantian, para orator menyampaikan tuntutan mereka sehubungan dengan tindakan korupsi tersebut. Pengunjukrasa dalam aksinya menpertanyakan kepada pihak penyidik kenapa sampai sekarang ini oknum-oknum pejabat yang bersangkutan belum diperiksa.

“Kita minta pihak kejaksaan untuk memeriksa dugaan korupsi di Dinas Pariwisata Kota Medan, Dinas Pendidikan Kota Medan dan Dinas Perhubungan Kota”, teriak Reno salah satu orator yang menyampaikan aspirasi ke Kejatisu.

Seperti adanya dugaan korupsi penyelenggaraan PAN ASIA oleh Dinas Pariwisata Kota Medan, yang berasal dari APBD 2007 sebesar Rp 1.4 Milyar, begitu juga dengan dugaan korupsi ditubuh Dinas Pendidikan yang mencapai milyaran rupiah ini kenapa tidak diusut, seperti penggunaan anggaran yang berasal dari APBD 2007 tentang ada dugaan korupsi pembangunan gedung kelas Internasional SMU Negeri I Medan dengan total pembangunan Rp 1.475.000.000,- selain itu tentang pengadaan mobiler dengan tender Rp 2 Milyar, dan dugaan adanya permainan dengan pembayaran uang pelicin dari dana BOS dari setiap Kacabdis sebesar 17 persen pada tahun 2006/2007 ini, sudah sejauh mana pihak pihak penyidik kejatisu telah melakukan pemeriksaannya.

Lain halnya tentang adanya dugaan korupsi median jalan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Medan, dimana dalam pemasangan median jalan dengan nilai total anggaran Rp 2 Milyar untuk pemasangan 1000 unit Paku Median Jalan (Solar Light) dengan tenaga surya ini diduga dikerjakan berdasarkan tender fiktif sehingga nantinya kita berharap agar pihak kejaksaan untuk lebih serius dalam permasalahan tersebut.

Para pengunjukrasa yang menyampaikan aspirasinya ini, langsung ditanggapi oleh Kasi Penkum Kejatisu, Edy Irsan Kurniawan Tarigan SH, dimana kepada pengunjukrasa, edy hanya mengatakan kalau mereka sangat serius dalam menangani suatu perkara korupsi, akan tetapi bila ada kerugian negara dalam masalah kasus korupsi tersebut langsung kita lakukan pemeriksaan intensif bahkan bila perlu tersangkanya ditahan.

Mengenai adanya tuntutan pengunjukrasa, sampai saat ini untuk kasus dugaan korupsi dana PAN Asia di tubuh Dinas Pariwisata Kota Medan kini kasusnya pada tingkat penyelidikan. Sementara itu dua kasus dugaan korupsi yang berada di Dinas Perhubungan dan Pendidikan Kota Medan, tentunya dengan adanya laporan dari masyarakat ini akan kita teruskan kepada pimpinan untuk melakukan penyelidikan, terutama untuk melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket), sehingga jika adanya temuan kerugian negara dari hasil penyelidikan nanti akan dinaikan kepada tingkat penyidikan.

Setelah mendengarkan keterangan Edy, maka pengunjukrasa langsung membubarkan diri. Berharap agar pihak kejatisu langsung melakukan penyelidikan dan menyeret para pelaku koruptor tersebut. (ams)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: